Monday, January 2, 2012

puisi tipografi

puisi tipografi

adalah perwajahan puisi(tipografi),yaitu bentuk puisi seperti halaman yang tidak dipengaruhi kata-kata,tetapi kanan kiri,pengaturan barisnya,hingga baris puisi yang tidak selalu dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik.
hal tersebut sangat mempengaruhi pemaknaan terhadap puisi. bisa kita lihat pada beberapa puisi 'sutardji calzoum bachri'. salah satunya adalah puisi di bawah ini ;


TAPI

aku bawakan bunga padamu

tapi masih kau bilang aku
bawakan resah padamu

tapi kau bilang hanya aku
bawakan darah padamu

tapi kau bilang cuma aku
bawakan mimpiku padamu

tapi kau bilang meski aku
bawakan dukaku padamu

tapi kau bilang tapi
aku bawakan mayatku padamu

tapi kau bilang hampir aku
bawakan arwahku padamu

tapi kau bilang kalau
tanpa apa aku datang padamu


Sutardji Calzoum Bachri
O Amuk Kapak,1981


dengan tipografi seperti di atas bisa kita simpulkan bahwa perwajahan puisi tersebut menggambarkan sebuah pernyataan antara 'Aku' dan 'Kau' sehingga apapun yang dibawa oleh 'Aku' selalu kandas dan terjatuh(tak bermakna) di mata 'Kau'. seperti di gambarkan dalam baris yang anjlok ke bawah dan menjorok ke dalam. tipografi barisnya yang anjlok dan menjorok kedalam seolah menggambarkan apa yang dimiliki 'Aku' sangat di remehkan,tiada apa-apanya dalam pandangan 'Kau'.

No comments:

Post a Comment

Roman Cinta dan Sepi II

  Chapter II Ia Muncul Lagi   Di sebuah peron yang sepi, lelaki itu, yang tak kuketahui namanya itu, duduk menatap langit tanpa kata-k...