Saturday, May 12, 2012

Pengertian Seni Serta Lingkupnya

Pengertian Seni

Beberapa pendapat tentang pengertian seni, diantaranya adalah :

Plato, Lessing, JJ. Rousseau
Seni pada hakekatnya adalah peniruan alam dengan segala seginya. Teori ini beranggapan bahwa seni yang baik adalah seni yang mendekati bentuk alam (natural).
Aristoteles
Seni adalah bentuk peniruan alam, namun pencipta harus menyertakan idenya untuk menambah keindahan seni melebihi aslinya. Teori ini didasari oleh pendapat naturalisme yang dipengaruhi oleh kesenian Yunani kuno.

Herbert Read
Seni adalah ekspresi. Read lebih mengutamakan seni dari segi aktivitas seniman, baik dari aktivitas fisik ataupun aktivitas psikologis. Penuangan hasil pengamatan yang dihubungkan dengan perasaan inilah yang disebut seni oleh Read.
Ensiklopedia Indonesia
Seni adalah penciptaan segala hal atau benda yang karna keindahan bentuknya orang senang melihat atau mendengarnya.
W.J.S Purwadarminta
Dalam kamus umum bahasa Indonesia, seni adalah kecakapan batin dan akal dalam membuat sesuatu yang elok atau indah.
Oloan Situmorang
Dalam buku seni rupa Islam, seni adalah setiap pekerjaan yang merupakan perpaduan dari daya cipta dan rasa karya yang harus dimiliki manusia.
Claire Holt
Dalam buku "Art in Indonesia", Holt mendefinisikan seni sebagai bentuk cipta rasa yang dibuat berdasarkan sentuhan pribadi seorang seniman.
Mochtar Lubis
Dalam catatan kebudayaannya, seni didefinisikan sebagai unsur budaya yang amat penting yang memberi unsur manusiawi, keindahan, keselarasan, keseimbangan, perspektif, irama, harmoni, proporsi, dan sublimasi pengalaman manusia pada kebudayaan.

Ki Hajar Dewantara
Seni merupakan perbuatan manusia yang timbul dari perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakkan jiwa dan perasaan manusia.




     Dari pengertian-pengertian seni di atas tersebut, dapat disimpulkan bahwa seni adalah penjelmaan rasa indah yang terkandung dalam jiwa manusia, dilahirkan dengan perantaraan alat komunikasi kedalam bentuk yang dapat ditangkap oleh indera.

Seni yang dilahirkan dari perantaraan alat komunikasi ke dalam bentuk suara yang dapat di tangkap atau dinikmati oleh indera pendengaran disebut seni suara (seni musik).

Musik 
     adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian. Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Mendengar musik pula adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.


Seni yang dilahirkan dari perantara alat komunikasi ke dalam bentuk rupa disebut seni rupa.

Seni rupa 
     adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.
Seni rupa dibedakan ke dalam tiga kategori, yaitu seni rupa murni atau seni murni, kriya, dan desain. Seni rupa murni mengacu kepada karya-karya yang hanya untuk tujuan pemuasan eksresi pribadi, sementara kriya dan desain lebih menitikberatkan fungsi dan kemudahan produksi.
Secara kasar terjemahan seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine art menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni untuk kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam bahasan visual arts.

Seni yang dilahirkan dari perantara alat komunikasi ke dalam percakapan  dan gerakan selaras dengan percakapannya yang dapat di tangkap atau dinikmati oleh indera pendengaran dan penglihatan disebut seni drama atau pertunjukan.  

Seni pertunjukan 
     adalah karya seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. performance biasanya melibatkan empat unsur: waktu, ruang, tubuh si seniman dan hubungan seniman dengan penonton.
Meskipun seni performance bisa juga dikatakan termasuk di dalamnya kegiatan-kegiatan seni mainstream seperti teater, tari, musik dan sirkus, tapi biasanya kegiatan-kegiatan seni tersebut pada umumnya lebih dikenal dengan istilah 'seni pertunjukan' (performing arts). Seni performance adalah istilah yang biasanya mengacu pada seni konseptual atau avant garde yang tumbuh dari seni rupa dan kini mulai beralih ke arah seni kontemporer. Seni Kontemporer adalah perkembangan seni yang terpengaruh dampak modernisasi.

Ada juga seni budaya yang menjadi bagian dan tak lepas dalam kehidupan manusia.

Seni Budaya
     Seni budaya berkaitan langsung dengan kesejahteraan, keindahan, kebijaksanaan, ketentraman, dan pada puncaknya merupakan proses evolusi manusia untuk makin dekat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, seni budaya akan berkembang apabila masyarakat makmur dan sejahtera.
Berikut ini adalah Pengertian dan definisi seni budaya menurut para ahli:
Harry Sulastianto
Seni budaya merupakan suatu keahlian mengekspresikan ide-ide dan pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan serta imajinasi pandangan akan benda, suasana, atau karya yang mampu menimbulkan rasa indah sehingga menciptakan peradaban yang lebih maju.
M. Thoyibi
Seni budaya merupakan penjelmaan rasa seni yang sudah membudaya, yang termasuk dalam aspek kebudayaan, sudah dapat dirasakan oleh orang banyak dalam rentang perjalanan sejarah peradaban manusia.
Ida Bagus Putu Perwita
Seni budaya merupakan penunjang sarana upacara adat.
Sartono Kartodirdjo
Seni budaya merupakan sistem yang koheren karena seni budaya dapat menjalankan komunikasi efektif, antara lain dengan melalui satu bagian saja dapat menunjukkan keseluruhannya


Fungsi Seni

     Selaras dengan arti seni, merupakan penjelmaan rasa indah yang terkandung dalam jiwa manusia, maka seni (rasa indah) ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita, yaitu untuk mengembangkan kepekaan estetisdalam jiwa sehinggan dapat mempengaruhi jiwa kita kearah sikap perbuatan yang baik.
      Seni dapat merangsang daya kreativitas,membuka pikiran perspektif, meningkatkan daya cipta dan fikir, inovatif, peka dan tangkas. Hal-hal tersebut sangat berguna dalam mempelajari segala sesuatu yang bersifat analitik.Seni dapat digunakan untuk menunjang proses mempelajari berbagai disiplin ilmu.Seni dan ilmu seperti dua mata uang yang sama nilainya, dan akan sangat serasi bila keduanyaberjalan berdampingan tanpa mengesampingkan atau melebihkan pada salah satu sisinya. Seni memiliki peran cukup penting dalam kehidupan manusia. Seni dapat memperkaya batin dan menajamkan akal, sehingga manusia dapat menjadi manusia yang utuh.
     Sehubung dengan hal tersebut, fungsi seni dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu fungsi sosial dan individual.
     Secara individual seni memberikan fungsi untuk mengungkapkan atau mengekspresikan gejolak jiwa dan perasaan manusia sehingga dapat memberikan kepuasan batin bagi penciptanya.
     Terhadap fungsi sosial, seni berfungsi sebagai sarana komunikasi dalam berbagai bidang kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai media rekreasi atau hiburan, media komunikasi, media pendidikan dan media da'wah.
     dalam bentuk fisik seni melahirkan bentuk seni seperti bangunan, seni lukis, seni musik, seni tari dan sebagainya. Adapun dalam pemenuhan kebutuhan batin (emosional) seni memacu gejolak emosi yang muncul dan membuat seseorang tumbuh rasa gembira, romantis, iba, sedih, puas, ingin berbuat baik dan lain-lain.



Tujuan Seni

     Seni sebagai penjelmaan rasa indah yang terkandung dalam jiwa manusia ini perlu dipupuk dan dikembangkan dalam jiwa setiap insan yang menggemari seni. Kemampuan pribadi setiap insan dapat lebih berkembang dengan kemampuannya beradaptasi dan berkarya kreatif.
     Peningkatan kemampuan individu dalam berapresiasi, mempersepsi, dan berkreasi seni, dapat menumbuhkan rasa penghargaan, penikmatan, dan sikap kreatif dalam bidang seni. Orang akan lebih menghargai diri dan lingkungannya baik psikis atau sosial. Dia akan memiliki keselarasan dalam berbagai hal. Dengan seni seseorang dapat menjadi pribadi yang lebih baik dalam berhubungan dengan diri, orang lain, alam dan Sang pencipta.


 
     Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan.
Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai. Bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya, masih bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu.
Suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu. Sekalipun demikian, banyak seniman mendapat pengaruh dari orang lain masa lalu, dan juga beberapa garis pedoman sudah muncul untuk mengungkap gagasan tertentu lewat simbolisme dan bentuk (seperti bakung yang bermakna kematian dan mawar merah yang berarti cinta).

Download Disini

1 comment:

Roman Cinta dan Sepi II

  Chapter II Ia Muncul Lagi   Di sebuah peron yang sepi, lelaki itu, yang tak kuketahui namanya itu, duduk menatap langit tanpa kata-k...