Monday, October 7, 2013

Puisi : Iklim Seni Anda

Iklim Seni Anda

7. Oktober 2013 um 18:00
 
Saya tak harus membandingkan anda dengan musim semi
sesekali saya memang merindukan musim semi
untuk melihat bunga-bunga yang mekar dan mencium baunya
tapi disuatu titik jenuh tertentu
saya tidak akan mudah lepas depresi
pergantian musim hanya angin berlalu
bahkan musim semi hanya seperti pertunjukan teater yang diulang kembali
memainkan drama yang sama tentang sebuah kelahiran generasi baru
kadang saya menyesal ketika mendapati diri saya sendirian menanggung jenuh tersebut

Tapi anda ?
bayangan anda yang sempat saya tangkap di suatu waktu
seperti sebuah cahaya yang menyelinap digelap yang pekat
saya selalu bisa mengingatnya dengan mudah
dan merasakan iklim seni menyejukkan hati disetiap mengingat senyuman anda yang tulus
sehingga kadang saya merasa seperti pengelana yang menemukan tujuannya

Tapi bagaimana dengan anda?
bagaimana saya dimata anda dengan pertemuan singkat itu?
apakah anda juga menemukan hal baik dari saya yang bisa dilukiskan seperti saya melukiskan anda?
apakah saya layak untuk anda ingat dalam beberapa pekan sebagai ingatan yang berkesan?

Saya selalu senang ketika mendapatkan terpaan angin malam ketika sendiri
saya tahu itu tidak baik jika sering
tapi apakah yang buruk jika saya ingin merasakan kerinduan yang terhibur?
ya, saya sering merindukan anda di sela-sela lamunan
saya tahu bahwa tak ada yang lebih menyenangkan dari merenung ketika saya sendiri
dan anda'lah yang selalu menjadi kajiannya
saya sering mendengar suara anda dalam suara dan percakapan orang lain
saya sering melihat anda dalam aktifitas-aktifitas dan kegiatan orang lain
tapi saya kadang ragu,
karena anda sebenarnya hanya satu
dan saya yang terlalu berlebihan terhadap anda
atau memang karena itu cinta?

Tapi bagaimana saya menyampaikannya?
saya tahu ada beberapa jenis orang dalam menyikapi cinta
ada yang mengejarnya dengan percaya diri
ada yang berusaha mengejarnya, namun ragu
ada juga yang lebih memilih diam dan memendamnya saja
dan saya mungkin jenis orang itu
anda mungkin kurang memahami alasan-alasan dari jenis-jenis itu
tapi saya tahu
ada beberapa hal yang tak bisa dijelaskan kepada orang egois seperti anda

Saya mengarungi genre musik tertentu pada sebuah hari yang lelah
menikmati hangatnya sentuhan lirik dihati yang mengingatkan saya pada anda
tapi saya tahu bahwa anda akan menertawakan saya jika tahu hal itu
dan berkata : 'kadang sesuatu yang berlebihan terasa memuakkan'
sambil melihat beberapa hal absurd di kelengahan langit
dan saya mengerti satu hal
anda tidak mudah menghargai seseorang
bahkan jika seseorang itu memuji dan mengagumi anda
Tapi pada akhirnya harus ada yang mengerti perasaan saya
saya harus bertemu anda sekali lagi !
atau beberapa kesempatan lagi !
saya tahu saya terlalu berharap
tapi bukankan kata itulah yang membuat seorang pemenang menaklukan bayangan kegagalannya ?
walaupun saya tahu saya bukan pemenang
karena anda lebih pantas menjadi pemenang
dengan  atau tanpa dukungan saya, anda bisa mendapatkan kemauan anda

Kadang saya melayang dengan fantasi-fantasi tentang anda
tentang anime-anime kesukaan anda
tentang hewan-hewan kesukaan anda
tentang kata-kata kesukaan anda
tentang tokoh-tokoh pujaan anda
dan tentang mimpi-mimpi anda
saya berharap anda ada kemiripan dengan saya

Namun musim semi tetaplah musim semi
tidak bisa mengembalikan waktu
saya hanya bisa menikmati iklim seni anda dari mengulang kembali kejadian-kejadian ketika bersama dengan anda
ketika kunjungan ke musium sejarah di musim panas yang ceria
ketika kunjungan ke perpustakaan sastra di musim gugur yang mengharuhkan
dan ketika kunjungan ke alun-alun kota kebudayaan yang eksotis
semua mengalahkan segala kebahagiaan saya ketika mengingat musim semi datang
atau kebahagiaan-kebahagiaan lainnya
saya tahu anda sudah terlalu dalam menyusup dihati saya
dan anda menjadi matahari yang selalu saya ingin lihat
tapi dari jauh saja
karena jika terlalu dekat,
saya tahu saya akan terpanggang oleh kenyataan tentang anda
Iklim seni anda yang hanya dapat saya nikmati dengan hati yang luas dan berjarak dengan hati anda
jarak yang saya sendiri tidak ingin menjelaskannya
karena saya tahu anda tidak ingin ada orang yang mencoba mencuri hati anda
termasuk saya
karena itu anda membiarkan saya mendekati anda ketika saya tahu diri untuk tidak bersikap berlebihan

Jakarta, 07 Oktober 2013
Syarif H

No comments:

Post a Comment

Roman Cinta dan Sepi II

  Chapter II Ia Muncul Lagi   Di sebuah peron yang sepi, lelaki itu, yang tak kuketahui namanya itu, duduk menatap langit tanpa kata-k...